Kamis, 11 Mei 2017

Alat Penghemat Listrik PLN seberapa Manfaat

Setiap ada kenaikan tarif listrik selalu dimanfaatkan para sales alat penghemat listrik PLN baik yang berjualan di mal-mal maupun yang door to door datang ke rumah rumah. Benarkah alat ini bisa menghemat listrik PLN? Mengurangi tagihan rekening listrik kita?

Untuk itu kita perlu mengetahui cara kerja jaringan listrik rumah, dan juga mengetahui cara kerja alat penghemat listrik yang ditawarkan kepada kita. Dan setelah memahami nya, maka kita bisa memilih membeli atau membuat / merakit sendiri (Do It Yours) alat penghemat listrik PLN dirumah kita.
Hal pertama yang harus kita pahami adalah jaringan listrik dirumah kita. Bila ingin hemat listrik, maka jaringan listrik dirumah kita harus baik dan benar. Jaringan listrik rumah yang amburadul juga menyebabkan tagihan listrik lebih tinggi.

Secara sederhana jaringan listrik rumah yang baik dimulai dari grounding meter listrik dari PLN harus tertanam dengan baik dengan kedalam 1 meter dan menggunakan material logam tembaga yang cukup besar. Selanjut nya seluruh jaringan dalam rumah juga menggunakan ground yang benar. Karena grounding PLN ini berfungsi untuk membuang arus sisa dari kebocoran tegangan, sehingga arus sisa ini tidak kembali ke meter listrik dan dihitung sebagai pemakain.

Selain itu grounding yang baik juag berfunsi sebagai keselamatan, yaitu untuk membuang beban konsleting. Mencegah kebakaran rumah, dan juga membuang sengatan listrik yang bisa membahayakan keselamatan manusia.

Hindari menggunakan T pembagi tegangan pada stop kontak. Semua stop kontak menggunakan grounding yang benar. Tidak menggunakan kabel serabut pada jaringan utama listrik rumah. Kabel serabut hanya digunakan pada peralatan yang bergerak atau sering dipindah-pindah.

Oke. Sekarang mari kita ke topik alat penghemat listrik PLN.

DAYA AKTIF
Untuk itu harus kita pahami dulu bahwa daya/ beban yang dicatat oleh meter listrik PLN adalah listrik yang dipakai oleh peralatan rumah tangga kita. Seperti TV, kulkas, AC, kipas angin, charger, amplifier, receiver, hair dryer, dll masih banyak lagi. Maka pilihlah peralatan rumah tangga yang hemat energi. Listrik yang benar-benar dipakai oleh peralatan ini kita sebut sebagai daya aktif.

DAYA REAKTIF
Selain mencatat daya aktif. Meter PLN juga mencatat daya reaktif. Daya reaktif adalah daya yang ditimbulkan oleh beban /peralatan rumah tangga kita. Agar hemat listrik maka daya reaktif interferensi ini harus kita bersihkan dengan menggunakan alat penghemat listrik.
Rangkain alat penghemat listrik PLN

Komponen utama alat penghemat listrik PLN adalah kapasitor dan lilitan / kumparan. Fungsi nya untuk membersihkan daya reaktif agar tidak di catat oleh meter PLN. Selain hemat listrik, jika jaringan listrik rumah kita relatif bersih dari daya reaktif maka antar peralatan rumah tangga tidak akan saling terganggu. TV tidak akan ber garis-garis ketika bersamaan sedang memakai hair dryer. Suara amplifier tetap jernih walaupun sedang menyalakan kipas angin atau AC.

Karena masing2 peralatan menghasilakan daya reaktif, maka kita perlu memasang alat penghemat listrik tsb sejumlah peralatan listrik yang kita pakai. Tapi bila alat penghemat listrik nya kurang, maka utamakan pada peralatan listrik yang menghasilkan daya reaktif lebih besar. Misal nya kulkas, hair dryer dan kipas angin.

Dengan uraian di atas semoga dapat lebih memahami apa itu alat penghemat listrik PLN. Jika anda ditawari satu alat penghemat bisa untuk seluruh jaringan rumah, saya rasa isi nya hanya kapasitor yang tidak efektif fungsi nya untuk menghemat listrik.

16 komentar:

  1. Diameter 15mm itu bagian Luar atau bagian Dalamnya? trus untuk diameter kabel lilitannya minimal berapa mm?

    BalasHapus
  2. Diameter 15mm bagian dalam. kabel 1mm

    BalasHapus
  3. Mas, brp jumlah lilitan ny, ferit toroid ny yg uk brp

    BalasHapus
  4. Diameter 15mm bagian dalam. kabel 1mm jumlah lilitan 10 lilit. atau menyesuaikan ferit toroid nya

    BalasHapus
  5. Mas izin bertanya nie, kabel 1mm apa gak kepanasan tuh kabel?
    Kan entar ampli kalo sedot daya kan kapasitas tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1mm itu diameter tembaga dalam kabel. gunakan kabel yg kualitas nya bagus

      Hapus
  6. Mad Atma maaf ferit toroid itu yang seperti apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ferit berbentuk lingkaran. silkan tanya ke toko elektronik

      Hapus
  7. positif negatif nya mana? trus yang ke peralatan itu ke stopkontak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. listrik rumah tidak ada positif negatif nya mas. ada nya phase, ardhe dan ground. alat tsb dipasang pada kabel phase dan ardhe, karena arus bolak balik maka pemasanagannya pun tidak memperhatikan polaritas

      Hapus
    2. Ardhe sama ground apa bedanya mas .. jaringan listrik rumah biasanya diitulis
      Phase
      Netral
      Ground

      Hapus
  8. Maaf gan.
    Kalau diameter tiroidnya diperbesar misal 20mm, terus kawat email-nya yg pake yg 2mm, terus jumlah lilitannya diperbanyak , kira2 apa lebih bagus dan efisien lagi dalam menghemat gan ?

    BalasHapus
  9. Mas boleh minta kontak wa nya solo nya mana sy di kerten

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat. menjadi tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Bagi yang ingin mendapatkan tips dan tutorial seputar listrik lainnya, kunjungi "Voltechno.net"

    Thanks

    BalasHapus