Thursday, October 11, 2012

Panduan Dasar Membuat Kotak Speaker Terbuka, Tertutup Rapat dan Bass Reflek

Kreatif Membuat Kotak Speaker Sendiri Menghasilkan Karya Unik dan Menarik (Foto: keyofgrey.com)
Kali ini saya akan menulis tentang dasar-dasar untuk membuat kotak speaker. Semoga panduan sederhana ini bermanfaat bagi para DIY audio pemula. Tentunya dari model yang paling sederhana sebagai dasar dan secara bertahap akan di ulas berbagai desain kotak speaker yang kompleks. Terutama penjelasan dari sisi akustik dan elektronika. Namun bila kita kreatif berkarya maka akan menghasilkan produk yang unik dengan nilai seni sentuhan pribadi sekaligus menjadi menarik.


Kotak Speaker Terbuka, Tertutup Rapat dan Bass Reflek
Model kotak speaker yang paling sederhana di kenal dengan nama "open buffle" atau kotak terbuka (lihat gambar A. Adalah kotak speaker yang paling mudah dibuat dan merupakan tantangan besar dari kualitas driver speaker yang di pasang. Karena sangat sederhana, kotak terbuka ini hampir tidak memberi efek akustik, Sangat jarang orang yang menyukai model ini.

Model kotak speaker selanjutnya adalah kota berongga yang tertutup rapat. Kotak speaker jenis ini cukup populer karena pembuatannya mudah dan menghasilkan efek akustik yang baik untuk nada-nada rendah atau suara bass (lihat gambar B).

Model kotak speaker selanjutnya disebut "bass reflex" merupakan model paling populer saat ini (lihat gambar C) karena bila didesain dengan benar sesuai dengan karakteristik driver speaker-nya akan menghasilkan tanggapan akustik frekwensi yang di inginkan.

Kotak bas reflek berhasil di definisikan oleh Thiele and Small dua orang ahli akustik dari Australia yang seringkali di sertakan oleh pabrik driver pada spesifikasi speaker. Oleh karena itu apabila anda ingin membuat kotak speaker model bass reflex maka akan mendapat hasil yang lebih baik apa bila anda menghitung faktor Thiele and Small-nya.

No comments:

Post a Comment