Kamis, 31 Januari 2013

Merancang dan Merakit Nano Gainclone LM1875 Amplifier ala DIYaudioku

PCB Layout Nano Gainclone ala DIYaudioku
Rasanya sudah cukup lama tidak menulis artikel DIY audio ku. Kali ini saya merancang gainclone ukuran mini. Sebut saja Nano Gainclone DIYaudioku. Ide awalnya saya pingin merakit gainclone point to point /pin to pin (PTP) saja. Karena PTP hasilnya kurang rapi dan cenderung sulit bila kita ingin upgrade komponen, maka akhirnya saya rancang PCB layoutnya yang mendekati PTP gainclone. Kualitas suara LM1875T memang sudah kondang tidak diragukan dan menjadi pilihan para audiophile.


PCB saya desain sesuai dengan datasheet
Mengapa Gainclone harus mudah di ganti atau di upgrade komponennya? Karena amplifier gainclone ini sangat minimalis namun bisa menghasilkan suara yang di sukai para audiophile. Dengan perubahan komponen akan merubah karakter suara yang dihasilkan oleh amplifier gainclone. Jadi kemudahan pasang copot atau upgrade komponen menjadi sangat penting dalam merakit gainclone.

Ukuran PCB sangat kecil mungil imut, kira-kira seukuran perangko. Namun semua komponen sudah saya siapkan tempatkan nyaman di fiber board mungil ini. Semua resisitor 1/2 watt dala posisi tidur agar mudah dipasang maupun di upgrade. Kapasitor C input 2,2 uF saya kasih jarak kaki 2,5 cm agar bisa menggunakan nonpolar kapasitor AuriCap atau Solen. Demikian juga komponen-komponen yang lain sudah saya optimalkan penempatannya. Kapasitor power supply saya siapkan untuk Blackgate 220uF agak berbeda sedikit dari skema di datasheet LM1875T yang tertulis 100uF.

Modifikasi lainnya adalah pada kapasitor penguatan umpan balik yang pada datasheet 22uF diganti non-polar 2x 22uF yang disambung saling berhadapan kutub-kutubnya untuk menghasilakan audio yang lebih natural. Karena kualitas suara LM1875T dikenal sebagai IC yang suaranya paling mendekati amplifier tabung.

Sedang jalur PCB-nya saya usahakan untuk tetap sealed grounding yang dipadu dengan star grounding. Penempatan kabel-kaber power supply, kabel output sudah saya optimalisasi. Demikian juga untuk input saya suka menggunakan kabel Belden yang biasa untuk jaringan.

Dengan PCB ini harap bisa bereksperimen ganti-ganti komponen sesuai selera audio saya.

Ampli nano gainclone ini cocok disandingkan dengan TQWT speaker.

Untuk modul yang lain seperti power supply, volume control dll ulasanya menyusul ya... n bila tertarik beli PCB nya disini.

16 komentar:

  1. Mas, mau pesan crossover 3 way + 1 subwoofer, 2 buah.
    Yang tinggal nyambung aja ya mas, biar gampang untuk pemula.
    Note: speaker yang digunakan terdiri dari (audio car) : 12", 6", 4", 3 " (tweeter). Harga + ongkir ke tangerang-Banten smsin ke :
    081317120054. - Matur nuwun

    BalasHapus
  2. mas klo lm1875 pararel 4 bisa ga? klo bisa harga pcbnya brapa?

    BalasHapus
  3. mas klo mau pesen pcb gainclone LM1875 untuk stereo gmana?

    BalasHapus
  4. Mas aku mau nanya nhi..aku punya kit bbe tpi aq psng ko g mau nyala ya..mhon bantuanx..makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditanyakan ke toko tempat beli kit aja mas

      Hapus
  5. Mas pengen pesen rangkaian ampli headphone bisa mas?

    BalasHapus
  6. Maz boz punya kit home theater nda....?

    BalasHapus
  7. maz masih punya PCB home theater 5.1 chanel gak? berapa harganya ?

    BalasHapus
  8. Lm1875 stereo komponen audigrade berapa.

    BalasHapus
  9. LM 1875 ,idealnya paket travo berapa ampere ya bos? Trims

    BalasHapus