Jumat, 13 Juni 2014

12 Volt Integrated Stereo Amplifier Merakit Pemula dan Belajar

Skema 12 volt integrated stereo amplifier tda2030 tda2050 lm1875 dengan baxandall tone control tl074 op-amp
Saya sering mendapatkan permintaan dari para pelajar atau pemula yang ingin merakit amplifier lengkap dengan tone control yang mudah dirakit dan kualitas suara nya bagus. Memuaskan untuk kelas pemula. Pilihan tentunya pakai komponen yang sangat mudah didapat di pasaran. Seperti biasa power amplifier nya bisa pakai IC TDA2030 karena harga nya paling terjangkau, mudah didapatkan dan sekaligus suaranya jernih. Dan yang pasti karena kaki nya hanya 5 saja maka di jamin sangat mudah dirakit dan bila mau diganti atau di upgrade ke kelas yang lebih tinggi misal ke TDA2050 atau LM1875 maka di cabut/ pasang juga relatif mudah dan aman. PCB nya tidak rusak, jika dibanding menggunakan IC power amp yang kaki nya lebih banyak.


IC TDA2030/ TDA2050/ LM1875 biasanya menggunakan catu daya simetris/ kembar. Namun kali ini untuk pemula maka saya desain dengan catu daya tunggal/ single supply 12 volt atau maksimal 24 volt, supaya mudah dirakit, tidak memerlukan cincin dan mika isolator saat dipasang pada pendingin aluminium/ heatsink. Jadi tidak ada resiko hubungan singkat/ korsetling dengan pendingin.

12 volt integratd stereo amplifier praktis bisa pakai aki, adaptor maupun untuk sound sistem di mobil
Pada bagian depan menggunakan tone control tipe baxandall yang akan memberi penguatan bass dan treble secara natural. Tone control ini tidak akan memberikan efek bass atau treble yang berlebihan, sehingga tidak ada tambahan bass palsu atau treble yang memekak telinga.

Untuk bagian catu daya, saya hanya menyertakan elco bank. Jadi anda bisa menggunakan catu daya adaptor 12 volt atau menggunakan aki. Jadi ampli ini saya rancang untuk sound sistem yang sifat nya praktis. Bisa dibawa-bawa untuk acara pertemuan-pertemuan kecil, misalnya arisan keluarga, outbond, champing, dll dengan menggunakan catu daya aki kering 12v. Bisa juga untuk audio mobil.

Saya menyediakan PCB saja, kit lengkap komponen + pendingin + kabel + RCA input baik yang sudah di solder siap pakai maupun kit yang belum di solder bagi anda yang mau belajar menyolder sendiri

14 komentar:

  1. iku klo komplit harganya brapa mas..

    BalasHapus
  2. Nah.. kang Atma PCB yang seperti ini yang saya inginkan tapi yg pakai 1 Subwoofer 2 pokal streo + mic.. yang model st lebih bagus..

    Mohon Blasannya ke 085722888362 - 085723295799
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Untuk subwoofer maksimal berapa inci mas? Jumlah subwoofer/speakernya berapa? Apakah hidup 24 jam dengan aki kering aman2 saja? Harap jawabannya.

    BalasHapus
  4. silakan baca datasheet tda2030 dan tda2050

    BalasHapus
  5. untuk dimobil ditambah reistor ukuran berpa ya pak ,,,dari + aki ,,biar ga terlalu panas..mksihhh

    BalasHapus
  6. Sekarang kalau beli gimana bang caranya
    caranya
    Kalo sms atau wa, nomernya ada nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak pakai wa. ke tokopedia.com/atmasolo

      Hapus