Thursday, August 9, 2012

Dasar-Dasar Audio Elektronika

Menjamurnya teknologi elektronik gadget sekarang ini tidak lepas dari perkembangan elektronika dasar. Sekitar tahun 1940-an Walter Houser Brattain bersama John Bardeen dan William Shockley meletakkan dasar untuk Penemuan transistor.

Transistor adalah komponen eletronik aktif yang telah mengubah dunia. Pada awalnya komponen eletronik aktif tersebut hanya bisa dilakukan oleh komponen tabung hampa udara yang membutuhkan ruang yang besar dan catu daya listrik tegangan tinggi yang besar pula.

Dengan di temukannya transistor, semua komponen dan peralatan elektronik bisa di buat lebih kecil, bahkan dalam ukuran mikro. Sedang chip elektronik dan prosesor komputer yang kita gunakan sekarang ini sudah menggunakan teknologi nano. Untuk menambah wawasan kita tentang teknologi nano ini, kita bisa membaca Sejarah teknologi nano di link tersebut.

Namun di blog saya ini hanya akan membahas teknologi elektronika untuk sistem audio, baik yang menggunakan teknologi tabung hampa, transistor maupun chip atau yang sering disebut dengan IC audio.

1 comment:

  1. Sy ingin belejar tentang tabung, di mana sy bisa beli buku teori tabung? Mohon bantuannya pa Atma ! Trmksh.

    ReplyDelete