Wednesday, September 19, 2012

Rangkaian Power Amplifier TEA2025B dengan PCB Layout

Rangkaian Power Amplifier TEA2025B mini audiophiles DIY audio

Chip TEA2025B adalah sistem sirkuit terpadu keping IC, dengan kualitas nada yang terdengar manis, kinerja yang sangat baik, operasi yang handal, mudah untuk dirakit karena hanya membutuhkan komponen eksternal yang lebih sedikit. Oleh karena itu amplifier mini TEA2025B sangat populer dikalangan audiophiles yang suka membuat proyek DIY audio yang praktis.

IC power amplifier TEA2025B membutuhkan pasokan tegangan dari 2,2 Volt hingga 16,8 volt untuk bekerja dengan baik serta beradaptasi dengan rentang yang sangat luas dari tegangan listrik, arus searah. Bila tegangan listrik meningkat, maka output daya juga akan meningkat, Oleh karena itu perhatikan langkah-langkah pendinginan IC dengan baik bila kita menggunakan tegagangan catu daya 9 volt atau lebih.


Power Amplifier TEA2025B dengan PCB Layout
Saat power amplifier menggunakan tegangan catudaya sebesar 12 volt akan menghasilkan daya  sebesar 2 watt perkanal. Pada mode amplifier stereo dengan 2x 2 watt cukup efektif dapat output dapat memenuhi berbagai aplikasi! Sedang bila kita mengunakan mode bridge maka daya IC power amplifier TEA2025B akan mendekati 5 watt. Pin 1 pada IC TEA2025B di khususkan untuk bekerja pada mode bridge.

Amplifier mini TEA2025B ini juga mampu bekerja dengan baik menggunakn catudaya dua baterai, atau menggunakan catu daya dari colokan USB. Meskipun kecil dan imut, power amplifier ini memiliki fungsi yang serbaguna dan bisa menggunakn berbagai sumber catu daya, baterai, USB, adaptor maupun menggunakan trafo yang terhubung langsung dengan rangkaian power amplifier TEA2025B.

Saya telah menyediakan PCB layout-nya bila anda tertarik untuk merakit amplifier kecil ini.

20 comments:

  1. Klu Blh tau Fungsi CT pada rangkaian untuk apa ya . . ???

    ReplyDelete
  2. Saya pakai potensi volume yang pakai CT untuk memprtahankan suara bass dan treble atau sering disebut sebagai rangkain LOUDNESS. Jadi CT disini berfungsi agar kualitas musicalnya tetap terjaga

    ReplyDelete
  3. mas bisa minta pcbnya gk(board).,??
    makasih sebelumnya.,.,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... saja jual PCB-nya gan...
      Hanya Rp 10ribu perak aja...

      Delete
    2. 10 rbu apa 15 rbu pak,.??? hehhehe

      Delete
    3. 10ribu pertinak, 15ribu fiber

      Delete
    4. PCB nya ada yg pake 2buah IC,gak?, IC satu untuk satelite, yang satunya di bridge buat subnya, mas?, kalo ada saya mau!

      Delete
  4. Ada gan 2.1 system TEA2025B harga PCB nya 35ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pengaturan volume bass/treble gak?, kalo pesan gimana caranya?

      Delete
    2. Pengaturan hanya volume subwoofer dan volume satelit. Pemesanan SMS aja ke saya 08121534851 (Atma)

      Delete
  5. Terimakasih telah berbagi pengalaman eksperimen. Saya pengin nanya nih pak... kalo saya perhatikan antara gambar skema di atas postingan ini serta gambar layoutnya kayaknya ada sedikit perbedaan. :

    yang pertama pada IC kaki 6 dan 11. kalo pada skema terhubung ke elko kemudian langsung ke ground. tapi pada layout kayaknya setelah elko tidak langsung ke ground tapi melewati sebuah resistor.

    yang kedua pada input IC kaki 7 dan 10. pada skema resistor 10 k langsung terhubung ke kaki 7 dan atau 10 sebelum melewati C 224. Tapi pada layout resistornya terhubung setelah C 224.

    Apakah memang demikian pak ? Apa dua-duanya benar semua ? trus mana yang lebih baik...

    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai c sma r berapa yg dari kaki 6 ke ground?

      Delete
  6. di layout pcb ada lambang ceramik yg paling kecil tu komponen ap ya?yang diantara R 10k dan c224 ke ground.sepertinya di skema g ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. C 1n penambah treble, dan 100n diseri 3k3 penambah bass

      Delete
  7. Assalamu alaikum...klo mau pesan tu gmna cara na...alnya ane di jakarta

    ReplyDelete
  8. mas, saya mau tanya, klo tea2025b suaranya jadi kecil banget kenapa ya? dulu pernah short salah satu dioda penyearahnya, trimakasih

    ReplyDelete