Monday, November 19, 2012

Simetris Power Amplifier Mudah Murah dan Berkualitas

50 Watt Simetris Power Amplifier Mudah Murah dan Berkualitas
Anda ingin memiliki amplifier yang mudah dirakit, murah dan memiliki kualitas audio yang handal dan bagus, cobalah rakit rangkain amplifier yang saya sajikan ini. Sebenarnya power amplifier ini adalah rangkaian yang sudah saya pakai untuk audio dirumah saya berupa simetris amplifier. Lihatlah pada rangkaian diatas, mulai dari bagian input sampai dengan output, semuanya tersusun simetris sangat mudah dimengerti.


Pada dasarnya sebuah amplifier adalah penguat gelombang suara yng berbentuk simetris amplitudo. Amplifier ini mengambil filosofi dasar tersebut untuk mempertahankan kualitas suara. Jadi mulai dari awal, sinyal audio dikuatkan simetris secara utuh hingga di penguat akhir amplifier, sehingga kualitas audio-nya pu sangat terjaga. Hasilnya sangat memuaskan. Meskipun rangkaian amplifier ini sanagt sederhana dan mudah dirakit, suara yang dihasilkan sanagt bagus. Nada bass di reproduksi dengan utuh dan bulat, vocal bening dan treble tidak dempet. Cring, cring, cring jernih.

Op-amp LF 351 memiliki Gain Bandwidth yang Lebar dan High Speed Slew Rate
Apa rahasianya? Op-amp LF 351 memiliki gain bandwidth yang lebar dan high speed slew rate. Selain itu juga low-noise, jadi op-amp ini akan mereproduksi audio dengan akurat, sehingga tidak melelahkan telinga anda. Bila anda sulit mendapatkan LF351 bisa diganti dengan TL071 atau IC op-amp seri 741 yang lainnya, tentunya sangat mungkin menurunkan kualitas audio yang dihasilkan.

Untuk transistor jengkol penguat akhir usahakan menggunakan pasangan 2N3055-MJ2955 yang asli, karena sangat mempengaruhi hasil akhir reproduksi kualitas suara. 2N3055-MJ2955 juga digunakan pada amplifier legendaris NAD3020 yang sampai saat ini masih diakui sebagai salah satu amplifier yang menghasilkan kualitas audio terbaik. Jadi jangan menganggap transistor jengkol itu kuno.

Bukti membangun power amplifier tidak harus rumit dan mahal. Rangkain power amplifier simetris paduan LM351 dengan 2N3055-MJ2955 ini cukup sederhana, mudah dirakit dan murah, menghasilkan kualitas audio yang cukup baik dan memuaskan.

22 comments:

  1. jika PA symmetric ini di gunakan 2 pasang - 4 pasang TR final, cocok buat PA luar lapangan ya pak dengan supplay +-32V?

    ReplyDelete
  2. Untuk 4 pasang TR final akan menghasilkan 300 watt per kanal gan, bila dirasa cukup boleh deh gan. Tapi untuk PA lapangan yang populer sekarang ApexB500 gan... menhasilkan 500 watt per kanal

    ReplyDelete
  3. Ok pak terimakasih sarannya, masih mau main sama PA sederhana dulu pak, kalau ada masalah bisa di atasi, kalau udah mainan Apex waduh bakal susah kalau nanti ada masalah pak, mau coba yang ada settingan bias, kemarin sudah selesai yang OCL biasa dengan bias dioda. Apa ada perbedaan dari suara yang dihasilkan jika menggunakan setting bias manual dibanding fix dengan dioda/R. kalau yang ini PCB berapa pak harganya? kalau lengkap dengan komponen berapa (tanpa TR final)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja kualitas suara lebih bagus yg pakai VR. Karena karakter suara dintentukan disini. Bias 50mA karakter suaranya lembut. 150mA karakternya makin terasa detail namun agak kasar.

      Ampli simetris PCB /PCB Rp 20.000,- 2x power amplifier dan 1 power supply /PCB Rp 15.000,-

      Delete
    2. memang belum pernah coba yang pakai VR bias, beda ya pak dengan mengubah R-gain hasilnya?
      saya mau coba dengan dot matrix pcb dulu,
      untuk TR type BD bisa di ganti langsung dengan type MJE ya pak? yang ada type MJE340 dan MJE350 apa mempengaruhi produce suara juga???mumpung masih yang type ini.

      Delete
    3. Saya belum pernah coba ganti tr BD, silakan coba ber eksperimen...

      Delete
    4. wah kalo mo pesen pcb nya gimana caranya....pm 081332205841. thanks mas bro. dd

      Delete
    5. SMS aja ke nomor hp ku bro

      Delete
  4. mas boleh mnt layout pcbny untuk power d atas. email sy y investmen22@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  5. cara setting bias nya ? apakah prosedurnya sama seperti Cara Setting Bias dan DC Offset Power Amplifier Kelas AB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Simetris amp ini memang kelas AB

      Delete
  6. tolong kalo boleh lihat foto pcb aslinya bisa ditampilkan , apakah space untuk C inputnya agak lebar ? biar leluasa bila pake C input macam solen

    ReplyDelete
  7. C input pake solen cukup bro. karena sy tempatkan di paling pinggir. itu sudah menjadi pertimabangan saya

    ReplyDelete
  8. bisa kah PA ini TR finalnya diganti TR mosfet ? kalo bisa gimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Finalnya bisa diganti mosfet. tentunya ada beberapa nilai resistor yang harus dirubah sesuai dengan catu untuk mosfetnya dan rekomendasi datasheet mosfet yg digunakan

      Delete
  9. Maaf Mau nanya klo trafo 5A merk Big ct 18v power nya pakai tr final tipe Mdl3088 4biji itu menghasilkan berapa wat? Saya kurang puas dan ingin mnambah wat kira kira dpet 500wat, krna ingin buat lapangan harus ditambah apa nya dan mhon solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 18vAC kira2 jadi 20dc bila pake CT maka akan menjadi 2x nya. maka total maksimum daya yang dihasilakan adalah 40 x 5A. maksimal 200W. Praktenya tak akan nyampe 200w

      Delete
  10. maaf pak saya tanya,,saya ngerakit pa dengan travo 5A besar,,pkai tgngan 35vac dan jadi 45vdc,,,4set thosiba,,,kalau boleh tw berapa daya yang dikeluarkan oleh pa saya,,,,terima ksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5x 90v = 450w maksimal. riil nya sekitar 300w. dengan 4 set toshiba saya sarankan pake trafo 15 amper

      Delete
  11. Halo pak..boleh nyari ilmu..saya rakit power murahan bell mx 300..setelah saya kasih daya kok.tr final langsung panas dan malah ada yg koit sepasang..saya ganti drivernya semua tr driver ganti baru kok begitu lagi..lagi dan lagi..saya cek semua tr masih sehat..ada apa dan gimana ngatasinya ya pak?

    ReplyDelete
  12. saya belum pernah pake bell mx 300

    ReplyDelete
  13. Aswrb, Pak Tolong Tone Controlnya yang sesuai dengan PA diatas, mohon dishare. Wslm

    ReplyDelete