Wednesday, November 21, 2012

NAD 3020 Amplifier Sederhana Dengan Kualitas Suara High-End

NAD 3020 Amplifier Sederhana Dengan Kualitas Suara High-End (Foto: nadelectronics.com)
Anda ingin menikmati audio dengan kualitas terbaik dan harus beli amplifier kelas high-end yang mahal? Tidak selamanya yang berkualitas harus selalu mahal. Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh NAD Electronics Inggris yang telah menciptakan berbagai produk amplifier dengan kualitas audio terbaik dan harganya pun boleh dikatakan relatif tidak mahal, bisa dibilang murah. Banyak yang sudah menikmati suara amplifer NAD ini. Kualitas suaranya tidak kalah dengan amplifier high-end yang harganya sangat mahal.


Tampilan PCB Layout tata letak komponen NAD 3020 (Foto: stef.free.fr)
Salah satu produk NAD Electronics yang legendaris adalah NAD 3020 Stereo Integrated Amplifier. Desainnya sangat sederhana, tidak terlihat mewah ataupun high-end. Tampilan panel depan seperti terlihat di atas, sangat lugu dan polos. Knop-knop pengatur tone control Bass dan Treble. Berikutnya ada tombol-tombol pemilih input dari Aux, Tuner, Phono dan Tape. Logo NAD di sablon sangat sederhana. Itulah sekilas tampilan NAD3020 yang sangat simple dan sederhana, tampak tidak meyakinkan.

Namun dibalik kesederhanaan tersebut menghasilkan kualitas suara yang mengagumkan. Amplifer yang populer di era 70'-80'-an ini memiliki suara yang setara dengan amplifer high-end dan masih disukai hingga sekarang. Sangat mengagumkan memang. Coba kita ulas komponen dalam NAD 3020 ini.

Kita mulai dari power supply. Menggunakan trafo kotak biasa tidak pakai trafo toroid yang sering kita lihat pada amplifier high-end. Elco power bank menyatu dengan rangkain power amplifer, sedang amplifier high-end pada umumnya di baut modular alias terpisah-pisah antar modul, alasan utamanya agar stereo dan field effects-nya benar-benar sempurna. NAD 3020 ini benar-benar integrated. Semuanya jadi satu.

Berikutnya mari kita perhatikan komponen-komponen elektroniknya. Semuanya menggunakan komponen generik. Transistor power menggunakan sepasang jengkol 2N3055-MJ2955, elco menggunakan ELNA, resistor generik dan kondensator milar.

Jadi kesimpulan saya, untuk mendapatkan amplifer yang berkualitas tidak harus menggunakan komponen yang mahal mahal dulu. Yang pertana harus di mengerti betul untuk para DIY audio adalah memahami rangkaian amplifier secara benar, kemudian mengerti perencanaan layout PCB untuk audio, mengerti topologi jaringan kabel audio dan menggunakan komponen-komponen yang memenuhi standar audio. Yang saya sebut terakhir artinya menghindari menggunakan komponen-komponen yang tidak standar dan komponen elektronika palsu/ tiruan/ tipuan/ abal-abal/ aspal/ fake/ counterfeit.

Apabila anda sudah memahami hal-hal di atas niscaya DIY audio anda akan menghasilkan kulitas yang baik. Namun tidak ada jeleknya bila anda meng-upgrade-nya dengan komponen-komponen high-end.


4 comments:

  1. salam ....
    perkenankan mampir lagi..
    mo nanya dikit mas, untuk membedakan elko yang asli dan palsu gimana? apa harus diukur dengan cara tertentu ? atau ada ciri2 khususnya...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur sy tak punya jurus yg handal untuk hal ini. kadang saya juga masih ketipu barang palsu. Jurus nya ya harus crmat n hati2

      Delete
  2. Mas, saya punya ampli NAD juga, tapi ada IC yang mati, TNY 274 PN, di mana ya bisa mendapatkannya?

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasinya Mas Atma, anw apakah bisa order rakitannya apli NAD 3020 kulitas high end ini, dan berapa biayanya. terimakasih

    ReplyDelete