Wednesday, October 31, 2012

6th Order Ripol Kotak Subwoofer Efisien Untuk Mobil Atau Ruang Kecil

Desain Kotak Subwoofer Ripol menggunakan Dasar 6th Order Speaker Kabinet
Kemarin saya telah menulis artikel tentang box subwoofer Pioneer dengan desain yag sangat simpel, model kotak tertutup sederhana, baca juga paduan dasar membuat kotak speaker. Hehehe... sori ya... panduan dasar yang saya tulis kemarin belum lengkap sampai jenis 4th order, 6th order da 8th order dan pengembangannya. Kali ini saya menulis dulu tentang Ripol atau Dipol subwoofer yang menggunakan dasar model kotak speaker jenis 6th order.


Hasil Akhir Ripol Subwoofer sebelum di cat
Ripol subwoofer ini merupakan kotak yang sangat minimalis sekaligus bekerja lebih efisien dibanding kotak subwoofer Pioneer UD-SW100D yang saya ulas kemarin. Ripol subwoofer ini relatif lebih rumit pengerjaannya. Sebuah tantangan bagi para DIY audio mania.

Menggunakan desain kotak subwoofer Ripol ini maka kita bisa memasukkan woofer 10 atau 12 inchi pada ruangan/kotak dengan tinggi 10 hingga 12cm saja. Jadi bila anda memiliki ruang yang sangat sempit untuk menyimpan kotak subwoofer, maka model Dipol ini bisa menjadi solousinya.

Anda harus menggunakan materi MDF atau partikel board dengan ketebalan 25 milimeter untuk menghindari getaran yang dihasilkan oleh driver/woofer.

Sedang untuk rangkaian subwoofer mobil bisa lihat di link ini.

6 comments:

  1. Gan bisa minta detail ukuran dimesi (cm) jika memakai subwoofer 10" mengingat mobil ertiga bawah jok ertiga pelit ruang 30cmx30cmx15cm (p X l X t)

    ReplyDelete
  2. Lebih baik disesuaikan saja dengan ruang yang ada dan dimensi woofer nya. jadi silakan di buat ukuran 30cmx30cmx15cm (p X l X t) itu pas dengan woofer 10 inchi

    ReplyDelete
  3. gan,tolong dong ukuran dimensi kalo pake subwoofer 8",makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  4. aq ada subwoofer american boss neh,2 unit nganggur g ada kotaknya,minta saran ukurankotaknya berapa yah?saya mau terpisaH....TRIMS

    ReplyDelete