Selasa, 18 Desember 2012

100 Watt Mosfet Power Amplifier

Skema Rangkaian 100 Watt Mosfet Power Amplifier
Kali ini saya sajikan rangkain amplifier mosfet yang memiliki daya hingga 100 watt RMS per modul pada speaker 8 ohm atau 160 watt RMS pada beban speaker 4 ohm, dengan distorsi + / -0,1%. Rangkaian hifi amplifier ini cukup mudah dirakit karena desainnya sederhana. Power amplifier kelas AB ini bila kita lihat spesifikasi nya sudah cukup baik untuk hifi sistem di rumah.

Pada bagaian penguat akhir amplifier menggunakan sepasang transistor mosfet HITACHI 2SJ162-2SK1058 yang mudah didapatkan di pasaran. Anda juga bisa menggunakan sepasang transistor mosfet seri yang lain misalnya pasangan IRFP240-IRFP9240, 2SK1530-2SJ201 atau BUZ900DP-BUZ905DP dengan memperhatikan pin GDS atau GSD.


PCB Layout 100 Watt Mosfet Power Amplifier 2SJ162 2SK1058
Pada awal kehadirannya transistor mosfet harganya sangat mahal. Teringat pada jaman dulu merakit amplifier Cressendo, suaranya memang yahud, namun harga transistor mosfet Hitachi pada saat itu sangat mahal, sepasang bisa sampai 400 bahkan 500 ribu. Namun sekarang harganya sudah terjangkau, seiring dengan makin populernya transistor mosfet dan makin banyak penggunanya.

Agar amplifier ini bekerja pada kelas AB maka pengaturan setting bias di tentukan oleh trimpot P2 quiescient current antara 50 hingga 100 mA. Sedang trim poternsio P1 untuk mendapatkan DC output voltase paling rendah untuk menghindari kerusakan /speaker terbakar. Untuk hasil yang maksimal gunakan multiturn trim potensio untuk P1 dan P2.

Untuk rangkaian dan komponen yang lain tidak ada yang kritis. Sekring F1-F2 sebagai short-circuit protection pada pasangan trasisitor mosfet akhir. Pada transistor penguat kahir gunakan pendingin secukupnya.

Pada bagain power supply gunakan rangkaian  seperti yang telah saya ulas kemarin.Gunakan trafo 5 ampere atau lebih pada 32v-0-32v. Kapasitor bank sebesar 4x 6800 µF/60v.

Saya sediakan lengkap dengan PCB layout agar anda lebih mudah merakitnya.


23 komentar:

  1. Mas, saya tertarik dengan rangkaian 100 Watt Mosfet Power Amplifier yang ini, kira-kira habis berapa ya untuk merakit satu kanal ini. kan mas Atma sediain PCB-nya terus kalau minta dirakitin sekalian bisa enggak ya? jadi nanti saya terima tinggal pasang di BOX-nya. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hanya bisa menyediakan PCB-nya aja gan

      Hapus
    2. Oh gitu ya mas, terus bisa habis berapa buat ngerakit itu mas? untuk satu kanalnya?
      saya ingin nyoba buat nggantiin PA-saya yang sudah almarhum.

      Hapus
    3. Harga pcbnya brpa gan?

      Hapus
  2. Kalau dibandingkan dengan power amp yang di "Simetris Power Amplifier Mudah Murah dan Berkualitas" bagus mana mas? dan mahal mana habisnya?

    BalasHapus
  3. Saya lebih merekomendasikan Simetris Power Amplifier Mudah Murah dan Berkualitas. Yang penting pake transistor akhir yg ori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke kalo gitu mas, thanks atas infonya. PA yg simetris itu keluarannya berapa watt rms mas? trus gimana caranya aku dapetin pcb-nya?

      Hapus
  4. simbol mosfet pada skema ada yg terbalik outnya,seperti skema quesi

    BalasHapus
  5. saya tertarik gan, resistor nya brapa watt dan kapasitor yg brapa volt tu gan ?
    pm robetmandala833@gmail.com

    BalasHapus
  6. Mas atma bagi PCB nya, gmn cara dptnya?
    tusdi.7384@gmail.com

    BalasHapus
  7. Cara saya untuk dapatin pcbnya gmna gan??
    Zul.jupiter@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pcb 100 Watt Mosfet Power Amplifier sms 08121534851

      Hapus
  8. apa bedanya kelebihan dan kekurangannya klo ampli yg pke mosfet bgini sama ampli yg tr finalnya pakenya transistor, mas?

    BalasHapus
  9. Mas mau tanya apakah ada data persamaan transistor drivernya soalnya susah di daerah saya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Apakah jenis mosfet ada Jalur +- nya tidak,, saya punya fet irfp250n dan irfp9240 ,,gimana cara penempatan nya,,mohon bantuannya

    BalasHapus
  12. Adakah skema power ampli yg pake tr mosfet yg sejenis?
    Sy py 3 tr mosfet yg W15NA50

    BalasHapus
  13. Kasihan banget byk yg nanya tp yg dijwb bbrp sj😔

    BalasHapus
  14. Gan mau nanya kualitas audio ampli mosfet ini, dari bagian suara Bas, midle, dan treeble, dibanding dengan DX Amp, mysymasym secara keseluruhan gimana?
    Maturnuwun gan

    BalasHapus
  15. Makasih mas pembahasan nya membantu dalam membantu pembuatan PCB POWER

    BalasHapus