Tuesday, December 4, 2012

Merakit Tuner Radio FM Stereo TDA7000

Rangkaian Tuner Radio FM Stereo TDA7000
Saat ini sudah jaman digital, mendengarkan radio sudah ditinggalkan bagi sebagian orang. HP kita juga sudah dilengkapi dengan radio FM digital. Buat apa merakit tuner radio FM jadul? Bagi saya menikmati siaran radio FM masih merupakan hobi yang takkan pernah ditinggalkan. Mutar-mutar gelombang radio secara manual bagi saya masih  sangat asik dibandingkan dengan pencet-pencet tombol digital. Makanya saya masih tertarik untuk merakit tuner radio FM stereo.


Saat ini banyak sekali IC dan model tuner FM. Ada dari Matsushita Panasonic, Sony dengan IC CX1619B, dari Toshiba misalnya TA8122, Sanyo LA1267, dll masih banyak lagi. Saya pribadi lebih menyukai rangkaian FM dari Philips seri TDA7000 karena hanya membutuhkan rangkain komponen eksternal resistor dan kapasitor saja. Jadi komponennya tidak ada yang sulit, semuanya mudah didapkan di toko-toko elektronik disekitar kita.

Pada rangkaian diatas terlihat semua komponen mudah ditemukan di toko elektronik. IC TDA7000, Varco biasa sperti yang terdapat di radio-radio analog, Lilitan L menggunakan kawat tembaga 0,6mm sebanyak 4 lilitan. Tidak ada komponen yang kritis disini. Transistor low noise C945 sebagai penguat sinyal sebelum diumpan ke rangkain dekoder FM stereo LA3361. Catu daya menggunakan arus ter-regulasi IC 7806.

Karena tidak ada rangkaian yang kritis maka FM tuner stereo ini bisa di rakit diatas PCB berlubang ukuran IC kecil. Bila anda malas membuat jalur PCB berlubang, saya menyediakan PCB layout tuner ini lengkap dengan IC TDA7000-nya.

Oh ya... selain TDA7000 ada varian TDA7021 dan TDA7088 untuk varian IC tuner FM. IC TDA7088 versi china menggunakan seri SC1088.

11 comments:

  1. makasih skemanya gan...
    kayaknya saya masih nyimen IC TDA7000 blm sempet ngrakit sampe bertaun2...dulu nyari ini susah sekali IC-nya (tegal)...itu kalo pake catu daya 3 volt bisa gak yah...baik TDA7000 maupun 3361...?
    maturnuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy belum pernah catu 3v. Sekarang kan banyak batere yg bisa di charge, pake aja power bank atau batere hp

      Delete
  2. Mas tuner fm saya pake ic cxa 1538s ( ic merk sony) kAlau lampu indikator stereo nyala terang ( sinyal stereo kuat) suaranya kecil sebelah (10:90) kalau lampu stereo redup nyala nya imbang. Kira2 apanya yang bermasalah? Makasih

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah pake cxa 1538s

    ReplyDelete
  4. slm kenal,..
    Kalo pengen pesen yg dah jadi (tanpa speaker)tuner fm stereo nya bisa gak?Harganya brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saya ada kit-nya
      tuner FM stereo 45rb
      tuner FM stereo + power amp TEA2025 90rb

      Delete
    2. Mas saya mau juga FM stereo +powet amp. Japri ke sutarmono@gmail.vom

      Delete
  5. mas ada kit yang belum disolder?

    ReplyDelete
  6. mas, punya TDA7021? beli di mana ya? trus kalo pesen kit jadi TDA7000 / yang lain (buat receiver wireless mic, penerima saja tanpa audio amp) bisa? berapa?

    ReplyDelete
  7. ic ini mahal 50 ribu, tapi kualitas serta hematnya catu daya... layak anda coba.... buat nangkep siaran briker fm 70-88 mhs... bisa....dapatkan do sontax... sumarecon tangsel.......

    ReplyDelete
  8. slm kenal pa atma,
    kalo tuning varco diganti pake potensio bisa engga pa?

    ReplyDelete