Rabu, 03 April 2013

Simple Symmetrical Amplifier Sedang Ngetop

2SK1058 - 2SJ162 Simple Symmetrical Amplifier
Amplifier dengan kualitas suara yang bagus dan desain yang simpel sanagt diminati oleh para pencinta audio. Tak heran jika model gainclone menjadi hal yang wajib di coba bagi para pecinta DIY audio. Yang ngaku pecinta DIY audio tapi belum pernah mencoba gainclone rasanya aneh sekali.

Selain gainclone yang diminati sekarang ini model-model amplifier dengan desain sederhana simplicity. Salah satunya adalah simetris amplifier yang sebagian sudah saya ulas di blog DIYaudioku ini.

Simple Symmetrical Amplifier PCB Layout

Salah satu "Simple Symmetrical Amplifier" yang sedang hangat di bicarakan saat ini adalah yang di ulas oleh Lazy Cat dalam forum DIYaudio.com menggunakan penguat akhir mosfet 2SK1058 - 2SJ162 yang sangat populer dikalangan pecinta audio. Sedang komponen pendukung yang lainnya juga sangat mudah didapatkan.

Jadi amplifier ini recommended untuk di coba, karena desainnya sangat sederhanan dan komponen mudah didapatkan. Kelebihan yang lain bandwidth lebar, slew rate cepat dan gesit, panas relatif stabil, dan masih bisa dikembangkan lagi ke daya yang lebih besar atau desain yang lebih kompleks.

Jadi bila di kelompok IC anda layak mencoba GainClone, maka di sisi amplifier mosfet anda layak mencoba  2SK1058 - 2SJ162 Simple Symmetrical Amplifier ini.

25 komentar:

  1. Pak Atma, saya baru saja beli (tapi belum dicoba) 4 kit power amplifier OCL masing-masing 300 watt mono/-+ 70-volt pakai final mosfet jengkol IRF 255 (hitachi) dan 2SJ50 (hitachi), kalo dibandingkan dengan power ampli 2SK1058 dan 2SJ162 diatas enak mana untuk dibuat audio rumahan? (bass, mid,treble) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang anda tidak jelaskan kit yg anda beli OCL jenis apa, misal crescendo atau apa. Jadi saya tak bisa menilai lebih bagus yang mana. Tapi VSSA ini bila di lihat di forum DIYaudio.com begitu banyak respon. Pasti kualitasnya cukup baik untuk home audio. Powernya tak segedhe yg anda beli,hanya sekitar 100 watt tapi kualitasnya oke... selain itu ada pilihan untuk kelas A atau kelas AB. Sesuai selera

      Hapus
    2. skema rangkaian dan fotonya ada, tapi saya tidak tau bagimana caranya ditampilkan disini /upload? sekilas info, untuk input buffer memakai 2x 2SK363,4x 2SA42, 2SA94 (ada setting arus pakai trimpot 5K). untuk bagian VAS memakai 2SA42,2SA94, MJE340,MJE350 (ada seting tegangan pakai trimpot 500R). terakhir pakai TR final 2SJ50 dan IRF 255. jadi mirip sekali dengan OCL 300 watt. (mohon maaf pak, barangkali saya keliru menjelaskan, maklum masih belajaran...) trima kaih

      Hapus
    3. Secara teori mungkin 50:50, hanya kuping yang bisa merasakan ampli yg lebih bagsu yg mana

      Hapus
    4. ada 1 pertanyaan lagi pak, bisakah MOSFET 2Sk135 dan 2SJ50 diganti dengan 2SK1058 dan 2SJ162 untuk rangkaian power amplifier MOSFET 150 watt seperti di link ini http://www.next.gr/audio/amplifiers/bomb-proof-150-watt-mosfet-power-amplifier-l11751.html.
      (mudah-mudahan bapak tidak bosan)kalau bisa, dibuatkan jalur PCB juga pak....(rencananya akan saya eksperimen dan gabung dengan rangkaian tone control dan subwoofer memakai FET 2SK30A)

      Hapus
    5. tentu dengan hasil/kualitas suara yg berbeda

      Hapus
    6. referensi tambahan pak, mirip juga dengan yang ini verso low voltage (http://sound.westhost.com/project101.htm)

      Hapus
    7. http://users.otenet.gr/~athsam/power_amplifier_100w_vmosfet_1.htm

      Hapus
  2. Pak sy tertarik gmn cara pesan KIT tersebut,02192941125?mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy hanya jual PCB nya saja. komponen silakan beli sendiri

      Hapus
  3. mas blh mnt layout pcbnya yg siap pakai/dprint maksudny.sy mw merakitny.emailny investmen22@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Mas pesen pcb alamatnya mana pas pulkam solo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruko Beteng B8 Solo atau di Palur Asri B10. Sebaiknya pesan dulu bos

      Hapus
    2. Aku lupa mas minta nomor telp yang bisa dihubungi'misale mau pesen duluan. Kalo sampeyan nggak keberatan bisa sms kenomor saya 081340794532 kris.mudah2an sblm balik solowesi sempat mampir dulu kesitu.maturnuwun ditunggu

      Hapus
  5. Mas aku lupa tanya nomer telpun kalo mau pesan duluan,kalo sampeyan nggak keberatan tolong sms ke hpku kris 081340794532.maturnuwun ditunggu

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Pak mau tanya, itu bagus nggak ya kalo dipake buat ampli gitar? karena katanya ampli bagus belum tentu bagus buat ampli gitar.

    contohnya begini, suara distorsi gitar bagus banget kl pakainya ampli gitar, tp setelah dipasang di speaker aktiv biasa distorsinya jadi ilang/tipis hanya seperti overdrive saja bunyinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ampli gitar saya lebih menyarankan pake Apex b250 atau b500

      Hapus
  8. pak harga pcbnya perbiji brp?priyatno di demak.matur nuwun

    BalasHapus
  9. Ini amplifier yang bagus. Masih banyak orang yang belum mengerti cara kerja dan cara merancang amplifier dengan topologi current feedback amplifier. Harus dicoba disain dari Lazy Cat ini. Keunggulan dari topologi amplifier ini adalah pada mid dan high, juga sound stage yang lebar. Saya sendiri sudah bikin VSSA variant dari output lateral mosfet, juga bipolar dengan konfihurasi triple emittor follower.

    BalasHapus
  10. Pak.. gimana cara order pcb ini? Ini no hp saya 0812763241, trims

    BalasHapus
  11. mas ada gak pcb / skema amplifier yang klau volume full suara bass tidak pecah / tidak clip, tidak cacat sinyal pada volume full.

    BalasHapus
  12. Mohon info kalau transistor10N16 dan 10P16 itu untuk ampli apa pak ? Kebetulan saya ada stoknya

    BalasHapus