Kamis, 08 Januari 2015

Gainclone itu amplifier apa?

Sudah lebih dari seribu kali saya ditanya. Gainclone itu apa? Gainclone itu amplifier apa sih? Amplifier Gainclone itu seperti apa? Di pasaran banyak sekali amplifier rakitan mengaku merupakan Gainclone. Bahkan rakitan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan Gainclone banyak orang awam yang menyebut sebagai Gainclone.

Gainclone yang sesungguhnya adalah cloning amplifier GAINCARD karya Kimura-San produksi 47 laboratory Jepang, perusahaan ini lebih dikenal dengan nama 47labs. Amplifier Gaincard -nya om Kimura San ini sangat sederhana. Dua buah amplifier mono block power amplifier LM3875TF dimana panel depan dan belakang dijadikan satu sehingga membentuk power amplifier stereo.


Gainclard ini tanpa pre-amplifier. Hanya power amplifer LM3875 dengan komponen pendukung yang dibuat sependek mungkin jalur-jalur nya. PCB layout Gainclone LM3875 yang paling mendekati model Gaincard amplifier saya rasa produk Audiosector .

Pada bagian volume Gaincard tidak menggunakan potensio meter tapi menggunakan stepped attenuator volume control.

Karena bagian power amp berupa mono block maka power supply nya menggunakan dua psu terpisah. untuk stereo jadi memakai 2 buah trafo model trafo R-core.

Yang menarik GAINCARD ini tidak menggunakan komponen-komponen kelas high-end yang mahal-mahal. Sama seperti amplifier NAD3020 yang pernah saya ulas beberapa waktu yang lalu.

Gaincard 47labs ini hanya menggunakan komponen-komponen produksi Jepang. Memang orang Jepang benar-benar made in Japan minded. Sangat mencintai produk dalam negeri mereka. Meski hanya menggunakan komponen audio grade produksi lokal Jepang, kualitas suara GAINCARD ini diakui oleh audiophiler diseluruh dunia, sehingga di buat cloningan nya dalam berbagai versi Gainclone sebagai ampli alternatif. Ini merupakan pilihan yang bijak bagi yang suka rangkain simple dengan dana yang terbatas.

7 komentar:

  1. mas, masih punya PCB untuk rangkaian yang pake lm 3886tf ; IRF469; dan TDA2050

    BalasHapus
  2. Mas punya pcb yg di rakit ss audio enga bila saya mau bikin seperti ini kira2 berapa harga kitnya
    http://www.ss-audio.com/product/speakers/speaker-aktif-paket-3/

    BalasHapus
  3. Mas punya pcb yg di rakit ss audio enga bila saya mau bikin seperti ini kira2 berapa harga kitnya
    http://www.ss-audio.com/product/speakers/speaker-aktif-paket-3/

    BalasHapus
  4. Slmt mlm mas, sy sudah tes suara lm 1875 . Hasilnya muantap mas. Tp sy baru pakai suply 12ct12, haetsink br anget aja, maximalnya brp volt sih mas yg di bolehkan? Maklum ngopreknya kl lg libur aja. Jd maklum aku dah kepala hampir 60thn. Matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendingin nya kurang besar. tambah lagi pendingin yg lebih besar

      Hapus
  5. mas,... gimana caranya modif, driver power sanken agar suara tidak distorsi treble..??

    saya sudah coba otak atik di tone control, cuma tetep distorsi.. minta saran mas,....

    BalasHapus