Rabu, 24 Oktober 2018

Merakit Audio Mixer untuk Karaoke atau Organ Tunggal Menggunakan Microphone kabel dan Wireless

Saat ini hiburan rumah seperti karaoke atau organ tunggal sudah sangat populer. Karena dengan teknologi internet yang bisa di akses menggunakan smartphone, komputer, atau android TV sudah menjamur dimana-mana. Lagu-lagu pilihan untuk karaoke juga sangat mudah kita dapatkan di Youtube.

Kit Audio Mixer untuk Karaoke atau Organ Tunggal Menggunakan Microphone kabel dan Wireless
Untuk membuat atau merakit karaoke system atau ampli organ tunggal dirumah kita sebenar nya sangat mudah. Cukup ampli yang sudah kita miliki dibelikan / diberi tambahan audio mixer, maka jadilah amplifier rumah kita menjadi peralatan karaoke atau ampli organ tunggal.

Namun kenyataan nya tidak sesederhana itu. karena mixer yang beredar dipasaran banyak sekali yang kualitasnya asal-asalan saja. Selain itu pengaturannya juga tidak mudah, bahkan bagi yang kurang paham dengan tombol-tombol dan pengaturan potensio pada mixer model meja, maka suara sound system kita justru akan berantakan.

Untuk mengatasi hal diatas maka saya merancang mixer kecil (mini mixer) yang mudah dirakit dan juga mudah pengaturannya.

Untuk kualitas tentunya saya buat sebaik mungkin, tidak kalah dengan audio mixer profesional. Suara jernih dan microfon peka. Dengan tetap menjaga karakter vocal dan musik pengiring tercampur dengan bagus.

Standar mini audio mixer ini sudah tersedia untuk 2 microphone kabel, lengkap dengan vocal equalizer 3 band dengan kontrol Low, Middle dan High, serta sudah dilengkapi dengan efek vocal yang bisa diatur melalui variable resistor dan potensio meter yang bisa menghasilkan effect echo (gema) atau effect reverb (ruang 3 dimensi).

Jadi dengan kit standar mini audio mixer ini kita sudah bisa memasukkan musik pengiring misal nya dari Youtube / Smartphone / Laptop / Android TV maupun dari alat musik misal Keyboard / organ tunggal / gitar dll. Tersedia 2 mic dengan volume terpisah sehingga kita bisa berpidato atau bernyanyi single atau duet dengan nyaman, karena masing-masing microfon diatur oleh volume yang terpisah / berbeda.

Efek echo atau reverb menjadikan suara kita menjadi lebih cantik dan indah layaknya penyanyi atau MC profesional.

Apakah sampai disini saja kemampuan mixer ini? Tidak. Mixer ini dapat di ekspan atau diperluas lagi menjadi mixer 4ch , 6ch , atau lebih banyak kanal lagi yaitu dengan menambahkan pre-amp atau pre-mic standar dan tinggal disambungkan ke titik lubang XPAN / AUX IN yang sudah tersedia pada kit ini.

Bila anda ingin menambahkan wireless microphone pada mixer ini, maka tinggal colok aja output receiver nya ke colokan / plugin XPAN / AUX IN. Mudak sekali ya...

Infomasi tambahan. Mixer ini cukup baik dan cocok untuk sound sistem ruang rapat / pertemuan, untuk audio kafe, usaha karaoke room profesional, untuk tempat ibadah seperti masjid dan gereja, dll.

Untuk mendapatkan kit audio mixer ini sialakan ke Tokopedia atau Bukalapak. Selamat berkarya dan menikmatinya.

4 komentar:

  1. Saya mau beli tetapi tidak ada TRANSISTOR dan sirip pendinginnya apakah suaranya besar??

    BalasHapus
  2. ini mixer bos. bukan power amplifier

    BalasHapus
  3. Brapa om harganya?....
    Kalau kirim ke bandung brapa lama yampai?...

    BalasHapus
  4. Apa sudah pakai power suplai om kitnya

    BalasHapus