Kamis, 13 September 2012

Membuat Mobile Amplifier Untuk Handphone

Rangkaian Mobile Amplifier Untuk Handphone
Amplifier mini yang telah saya buat dalam proyek sebelumnya, yaitu proyek amplifier atma-1 yaitu ampli kecil dengan menggunakan catu daya dari listrik dan amplifier atma-2 menggunakan catu daya dari USB yang biasanya di aplikasikan untuk ampli laptop atau PC.

Kita lanjut sekarang, membuat sendiri amplifier untuk handphone atau smartphone kita. Proyek DIY audio yang ini saya kasih nama Amplifier atma-3. Yaitu membuat amplifier mini yang mudah dibawa ke mana-mana dan masuk dalam saku kita. Sangat cocok untuk disambungkan ke HP atau MP3 player.


Rangkaian dasarnya masih sama dengan Amplifier atma-1 dan atma-2. Karena proyek Amplifier atma-3 ini dikhususkan agar bisa di gunakan di mana-mana maka kita tinggal modifiasi bagian catu daya. Dimana sebelumnya digunakan catu daya dari listrik atau USB yang kurang mobile, maka pada atma-3 ini catu daya diganti dengan battery agar ampli bisa dibawa kemana saja.

Ada tiga pilihan battery yang bisa anda gunakan untuk proyek Amplifier atma-3 ini, yaitu menggunakan battery jenis AA atau jenis A dua buah yang di susun seri, maka akan menghasilkan catu daya dua kali 1,5 volt, yaitu 3 volt yang sudah cukup untuk menyuplai mini amplifier dengan basis IC TDA2822 ini.

Alternatif lain, anda bisa menggunakan single battery 9 volt. bettery ini agak susah di temukan di toko-toko kecil. Tapi mudah didapat di mal, pasti ada.

Alternatif yang ke-3 adalah dengan menggunakan battery HP. Pilihlah battery yang sama dengan battery handphone anda. Dengan demikian sekaligus anda bisa charge battery amplifier ini menggunakan charger HP anda.

13 komentar:

  1. ini yg tak cari...penguat audio tentengan dengan 3 volt catu daya...makasih...tapi omong2 di solo banyak gak gan IC-nya ...soale di daerah saya gak ada...tapi blm semua tak cari...saya malah lebih hapal di solo daripada daerah saya skarang...

    makasih infonya...

    BalasHapus
  2. ok...tak cobanya buat mp3 kecil murah meriah...dulu saya bikin dari bekas radio fm murah...http://www.mbahlatif.com/2013/03/bikin-speaker-box-mp3-dari-radio-murah.html

    monggo mampir juga di blogku....maturnuwun...

    BalasHapus
  3. speaker brp ohm,,, baru belajar

    BalasHapus
  4. klo pesan bikin pcb bisa g' ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bos... langsung SMS aja ke nomor hp sy. lihat di kanan atas blog ini

      Hapus
  5. ct nya itu buat apa gan.. ?
    maklum masih awam

    BalasHapus
  6. buat loudness via potensio volume, agar bass n treble masih kerasa pada volume rendah

    BalasHapus
  7. assalamualaikum.. mas kl mau pesen Amplifier atma-3 cara nya gmn.. trus harga brapaan mas....??

    BalasHapus
  8. silakan sms hp saya 08121534851

    BalasHapus
  9. Mas atma,
    Ada ngg rangkaian sederhana yang menghubungkan output headphone HP Android ke aux in single din Mobil. Selama ini kalau dihubungkan pakai kabel SCR langsung, suaranya kecil sekali.
    Mohon sarannya

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila suara nya kecil harus ditambah pre amp. coba beli di toko elektronik

      Hapus