Sabtu, 03 November 2012

Power Supply Untuk Amplifier Simetrik dan Pre-Tone-Control Menggunakan Op-Amp

PCB Layout Power Supply Untuk Modular Amplifier Dan Pre-Op-Amp
Beberapa waktu terakhir saya sudah menulis artikel tentang power amplifier yang berbentuk modul, artinya amplifier akan dirakit sendiri-sendiri menjadi bagian-bagian atau antar blok komponen. Jadi rangkaian ini untuk power supply proyek-proyek DIY audio saya sebelumnya. Antara lain power amplifier OCL 100 watt, amplifier TIP2955-3055, LM1875 audiophile power amplifier, dan atau proyek Gaiclone TDA2050.


Selain itu kedepan saya akan banyak menulis artikel DIY audio yang menggunakan op-amp degan catu daya simetris atau catu kembar, jadi PCB layout power supply yang saya buat ini sekaligus untuk menyediakan catu daya ter-regulasi untuk pre-amp atau tone control menggunakan ic op-amp.

Pada rangkaian layout di atas saya menggunakan bridge-diode model berdiri, bila anda menggunakan yang lain maka silakan disesuaikan. pada bagaian output VCC saya buat model solder dari atas agar tidak membuat repot saat sering memasang dan melepas kabel power supply. Jadi saya pasang menggunakan sisa kaki diode atau kabel NYA yang dikelupas, dan sisa pin resistor untuk catu +/-15 volt.

Untuk hasil kualitas suara terbaik silakan anda mengikuti aturan menata kabel dan grounding, pada artikel saya sebelumnya. Bila anda mempunyai pertanyaan atau pendapat silakan memberi komentar untuk kita diskusikan agar mendaptkan hasil yang terbaik.

13 komentar:

  1. Mas mau tanya. Saya punya pre amp yang ada setelan bass dan treble-nya. Klo saya ingin putuskan biar suaranya plong tanpa pengaturan bass dan treble jadi tinggal volume saja apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa melihat gambar skema nya saya tidak bisa menjelaskan. pre amp / tone control macam nya banyak sekali

      Hapus
  2. Tanya pak, saya mau menambah pream mic tone kontrol pada amplifier 400 W stereo dalam satu box semula sudah punya PSU trafo ct 10A. Bagaimana cara mengambil daya untuk pream nya, apakah langsung dicatut dr power suplay yg ada. Saya tak ingin lg menambah trafo nya. Mohon pencerahanya pak, terima kasih.

    BalasHapus
  3. Enter your comment...lam kenal..aq punya PA 800w blazer.aq psang tone contro simetris kok dengung.. mhon bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karenatone kontrol nya yg salah. silkan tanya di toko tempat beli tonecontrol tsb

      Hapus
  4. ic regulatornya APA gk jebol untuk supply 60 vdc?

    BalasHapus
  5. regulator nya 15v CT hanya untuk pre-amp nya mas. 60VDC nya langsung di output elco utama

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya Parametrik cx40 dengung masalahnya apa ya ? Sya pake power ampli dgan trafo 20a sedangkan psu parametrik trafo nya cuman 1a apakah bisa mengatasi dengung ?

    BalasHapus
  7. Kalo bass digedein tmbah kencang dengung nya cara mengatasinya gmana ..? Trima kasih

    BalasHapus
  8. Kalo bass digedein tmbah kencang dengung nya cara mengatasinya gmana ..? Trima kasih

    BalasHapus
  9. Mas mau tanya Parametrik cx40 dengung masalahnya apa ya ? Sya pake power ampli dgan trafo 20a sedangkan psu parametrik trafo nya cuman 1a apakah bisa mengatasi dengung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan bukan pada psu nya. silkan tanyakan masalh nya ke toko tempat beli kit cx40

      Hapus