Rabu, 15 Agustus 2012

Star Grounding Layout PCB Menghilangkan Hum, Dengung, Distorsi dan Cacat Audio

Rangkaian dasar star grounding layout power amplifier. Gambar-1

Hal yang kritis pada saat kita merakit power amplifier atau membuat integrated amplifier adalah masalah grounding atau pengaturan penempatan ground. Bila anda belum mengenal benar cara penempatan dan pengaturan ground maka amplifier yang anda rakit akan mendengung alias menimbulkan hum, menghasilkan distorsi suara atau cacat audio. jadi komponen audio elektronik yang berkualitas bagus bahkan yang kelas high-end sekalipun aka sia-sia apabila sistem grounding anda salah.


Star grounding setelah di aplikasikan pada layout pcb. Gambar-2
Kali ini kita akan membahas tetang perencanaan grounding pada layout PCB untuk power amplifier. Pada gambar diatas telah saya buatkan rangkaian power amplifier atau circuit diagram dasar ampli. Dimana terdiri dari bagian blok input untuk memasukkan sumber audio, rangkaian penguat amplifier, dan terakhir rangkaian output audio siap masuk ke speaker.

Untuk menghubungkan rangkaian input ke power amplifier dan bagian output audio ke sistem speaker, maka anda harus mengerti sistim grounding yang baik. Anda tidak bisa menggunakan jalur atau kabel ground secara sembarangan.

Sekarang mari kita lihat gambar-1 tentang perencanaan layout PCB power amplifier dengan sistem star grounding yang baik. Dimana star-grounding yang dianjurkan untuk mengatasi atau menghilangkan hum, dengung, distorsi suara, atau cacat audio. Disini ada star grounding dengan lapisan jalur PCB yang tebal meliputi tujuan ke terminal speaker, capasitor coupling output audio, dan power bank capasitor power supply. Sedang jalur grounding input audio menggunakan tembaga tipis. Sebagai misal, jalur star grounding yang tebal menggunakan lebar 4 mili meter, maka jalur grounding input audio bisa menggunakan cukup 1 mili meter saja.

Silakan anda mencoba untuk merancang layout PCB power amplifier dengan jalur star grounding yang benar agar kita mendaptkan kualitas audio amplifier yang baik, jernih tanpa hum dan tidak ada kolorasi suara. Pada gambar-2 ditunjukkan aplikasi star grounding pada layout PCB audio yang telah jadi.

Pada tulisan-tulisan berikutnya kita juga akan mengupas star grounding menggunakan kabel, star grounding antar modul perangkat audio dan star grounding untuk integrated amplifier yang terdiri dari beberapa komponen PCB modular.

34 komentar:

  1. Untuk star grounding apakah bisa menggunakan kabel?Terima kasih dan salam kenal :)
    http://elektronikrangkaian.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Bisa. harus memperhatikan tebal-tipis nya kabel

    BalasHapus
  3. brapa ktebalan jalur gronding yg baik di pcb mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran untuk setiap rangkaian berbeda untuk jalur supply n speaker ampli kelas A 10watt minimal 5mm, dll. banyak sekali variasinya

      Hapus
  4. Pake serabut atau tunggal mas atma?

    BalasHapus
  5. Power blazer saya agak dengung, padahal grounding udah bagus, kira - kira apanya ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya Power Blazer masih ada looping ground, jadi wajar aja ada sedikit dengung

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. MAS saya baru saja merakit preamp tabung dan udah saya test tidak ada dengung sama sekali. pertanyaan saya apa tidak adanya dengung atau hum bisa menjamin mengurangi distorsi atau cacat pada preamp saya??? kalau tidak bisa apa yang harus saya lakukan (menggunakan alat ukur apa)agar saya mengetahui distorsi atau cacat tidaknya preamp saya meskipun tidak ada dengung?? terima kasih Mas...

    BalasHapus
  8. untuk audio, alat ukur terbaik adalah telinga kita + lagu kesayangan
    kita yg sudah kita kenal dengan baik sampai ke detail2 nya

    BalasHapus
  9. IC type apa, R brp ohm, C brp farat?

    BalasHapus
  10. Klo untuk mengatasi sengung pada amplifier build up sansui bagamana mas? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari saja petunjuk / manual nya di internet mas

      Hapus
  11. Permisii.........
    Mau tanya niy, belajar bikin subwoofer....
    Udah setengah jadi sih tapi susah banget jadiinya.... Masalahnya suara ngeter nya gak ilang2... Tapi kalo di langsungin PA gak pake filter bersih banget...ngeter terrrrrrrr dan bukan dengung nguuuuuuuung....kira2 kurang di mananya ya itu... Mohon pencerahannya sobat2 semua....
    Salam jedug....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin grounding dari filter ke power amp kegedean kabel nya
      coba lihat ilustrasi gambar diatas. kabel ground sinyal sebaiknya kecil

      Hapus
  12. Mohon pencerahan sya ini msih amatir dan baru belajar .. Sya udh merakit tpi sya g tau ground itu apa dan cara mengetahuinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bos. saya tidak bisa menjelaskan satu per satu. Jadwal pribadi saya cukup padat

      Hapus
  13. Y udh... Tpi klo njelasin tentang ground?

    BalasHapus
  14. Pak Atma, request artikel pembuatan Voltage Stabilizer untuk mobil donk. Klo sempet aja sih Pak. Hehehee...
    Thanks Pak...

    BalasHapus
  15. mas atma mo nanya:
    1. star grounding untuk PA catuan simetris dan tone control catuan biasa (+ & - aja) gimana ya, dengan trafo terpisah ato yang pakek extra?
    2. PA dengan catuan simetris digabung juga untuk mencatu tone control catuan biasa diambil + & - aja, pakek regulator 7812, kok timbul dengung yang keras ya?
    3. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu sok tau dikit :D
      Ada beberapa kemungkinan mas;
      1. Trafo yg dipakai kurang bagus, biasanya sirlak-nya ga rata
      2. Rangkaian power supply kurang bagus, jd masih ada kebocoran AC, bahasa saya output DC nya kurang murni
      3. Impedansi dari tone control ke PA ga cocok (asumsi saya tone control dan PA terpisah), tapi kasus ini dengungnya kecil.
      4. Box nya ga bagus, yg terbagus yg dari metal, jadi seluruh nya bisa diground ke body
      5. Cek juga kalau2 ada kabel yang malang melintang.
      Soulusinya terkait dengan ppoint diatas atau
      bisa juga body potensio di ground ke body (box) dgn perantara cap keramik (dulu saya sering pakai cara ini)
      CMIIW

      Hapus
    2. Utk mas andri, yg sy coba sih ambilnya bukan +&- , tpi +& ground lewtat 7812.

      Hapus
  16. om numpang nnya itu yg lapisan hijau di jalur pcb namanya apaan?

    BalasHapus
  17. Bagaimana menerapkan star grounding pada PCB universal (lubang-lubang)? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil satu titik sebagai star grounding. trus disambung pake kabel2 ke komponen yg memerlukan ground. catatan ground speaker tidak usah ambil dari star grounding

      Hapus
  18. mas..bantu obati kecewa sy dunk..?! maklum gaptek banget soal soundsystem...mjelang malam taun baru 2016 kmarin, sy beli ampli merk B*B power 800w, tanpa input suara langsung bunyi dengung...banyak masukan dr para pendengar..ada yg bilang pasang ground aja listrik PLN ketanah, ada yg saranin pasang ground pada body amplinya, ada jg jgan dari body ampli tapi dari body stabilizer .. ada yg exstrem .. buka aja ampli & liat posisi trafonya..waduh..mana yg mau di ikuti..mana ampli masih segel garansi lg... menurut mas Atma gemana .... matur suwun mas sbelumnya.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan saja ke toko/ orang tempat anda beli ampli tsb

      Hapus

  19. Mas maaf tanya.
    Untuk menghindari ground loop misal ground masing masing modul disatukan di satu titik di Body lalu 0v Travo (ct) dihubungkan ke titik tersebut. Yang itu saya mengerti. Tapi dalam pikiran saya ada hubungan lagi antar ground masing masing modul lewat ground dari jalur sinyal walaupun pake kabel skerm/coaxial.
    Nah ini. Apa hal ini tidak menimbulkan ground loop. Dan kalau ya bagaimana cara mengatasinya? Apa ground dari sinyal tidak usah dihubungkan cuma melindungi/menyelubungi kabel sinyal inti saja tidak sampai bersambung an ke tingkat berikutnya? Trimakasih Banyak atas bagi bagi ilmunya

    BalasHapus
  20. mas kalo saya mau pesan kit crosover aktiv 234 way setereo bisa nggak mas??? fikri di serang.

    BalasHapus
  21. kabel ground gak usah di sambung,kecuali kabel input ,

    BalasHapus
  22. bos mau nanya nih,bagus an ac metic apa trafo konvensional? secara harga murah ac metic ,24v ct 5A tinggal pake 90k,coba klo trafo biasa baru dapat trafo nya aja,belum elko belum dioda,mohon pencerahan nya mbah apik endi karo ac metik

    BalasHapus