Rabu, 14 November 2012

TQWT Kotak Speaker High-End Untuk Full Range Driver

Desain TQWT Kotak Speaker untuk Full Range Driver
Kemarin saya mengulas kotak speaker Tritrix speaker. Jenis dan model kotak speaker memang cukup banyak, meski yang kita lihat di pasaran modelnya monoton, itu-itu saja. Para audiophile, ahli audio akustik dan pecinta DIY audio sejak dulu kala sering melakukan eksperimen membuat berbagai model kotak speaker. Salah satu yang ingin saya ulas kali ini adalah model Tapered Quarter Wave Tube (TQWT) yang merupakan pengembangan dari kotak speaker "Transmission Line" dan Horn Speaker.


Bila Transmission Line atau horn dimana driver speaker di letakkan pada ujung ruang, maka model kotak speaker TQWT akan menempatkan speaker di tengah atau diantara dua ruang resonansi akustik. Dimana salah satu ruang sebagai pemantul atau pengumpan gelombang suara ke ruang yang lain menuju lubang resonansi (lubang bass reflek) untuk menghasilkan nada bass yang cukup rendah dari driver full range yang kecil.

Kotak speaker yang kami rekomendasikan disini adalah Full Range 5 inchi ( 13 cm) kira-kira seukuran speaker Mini Compo Polytron. Dengan rancangan dimensi yang terlihat diatas maka resonansi Bass di patok pada frekwensi 50Hz. Cara yang cukup sederhana dan murah untuk mendapatkan respon bass yang berkualitas.

Kotak speaker ini sudah diakui kualitasnya oleh para audiophile dunia, bahkan banyak disandingkan dengan High-End amplifier. Menurut saya pribadi cocok disandingkan dengan Gainclone LM1875. Karena spekaer ini memang mengutamakan kualitas suara dan bukan untuk SPL atau amplifier daya besar. TQWT lebih cocok untuk menikmati musik, terutama musik klasik, jazz, pop atau slow rock. Kurang Cocok untuk musik tekno atau dangdut koplo.

Model speaker TQWT sendiri sekarang telah berkembang dan banyak variasi. Misalnya Fostex FX120 ML-TQWT Speaker Project dari DIYaudioproject dan Cyburgs-Needle Speaker yang menggunakan driver Full Range Tangband W3-871S untuk High End audio.


8 komentar:

  1. Mas punya skema layout pcb blt 2030__

    BalasHapus
  2. terimakasih share desainnya
    mas, TQWT ini rekomendasinya pakai speaker merk apa yang ada di pasaran sini? minta alternatifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tangband beli dimana dan kisaran harga berapa pak?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya mau pesen pcb ini pak, mohon info harganya di :
      0881xxxx221 terimakasih.

      - Gainclone TDA7294 modular terdiri dari 2 PCB power amplifier dan 1 power supply.

      - Integrated stereo TDA2050/TDA2051 lengkap dengan bass treble tone control dan power supply dalam 1 PCB layout.

      - Integrated 100 watts subwoofer TDA7294 lengkap dengan rangkaian low pass filter NE5532/TL072/TL074

      - Integrated 200 watts subwoofer 2x TDA7294 lengkap dengan rangkaian low pass filter NE5532/TL072/TL074 dan power supply dalam 1 PCB layout.


      Salam

      Hapus
  3. Pak kalau box ini di isi 2 woofer 1 tweeter bisa ? Dan power amplifier nya pake tipe apa ? Apakah bapak produksi

    BalasHapus
  4. Oya untuk crossover nya pakai yang gmana ? Apakah bapak juga produksi biar sekalian order tq

    BalasHapus